CAPAIAN PEMBELAJARAN

A. Sikap
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mampu menunjukkan sikap religius dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  2. Berperan sebagai warna negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
  3.  Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan Bernegara serta menghargai kebhinekaan bangsa.
  4. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik berbasis nilai-nilai budaya lokal.
  5. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
B. Pengetahuan
  1. Menguasai filosofi dan teori pendidikan sebagai dasar pengembangan dan implementasi pendidikan berbasis pembelajaran digital.
  2. Menguasai prinsip teknologi mutakhir bidang pendidikan yang mendukung pembelajaran abad 21.
  3. Menguasai metodologi penelitian bidang pendidikan dengan memanfaatkan teknologi dalam rangka menghasilkan karya yang orisinal, kreatif, dan inovatif, serta mempublikasikannya pada jurnal ilmiah internasional bereputasi.
  4. Menguasai konsep integritas akademik secara umum dan konsep plagiarism secara khusus, dalam hal jenis plagiarism, konsekuensi pelanggaran, dan upaya pencegahannya.
  5. Menguasai konsep dan prinsip kepemimpinan sebagai panutan yang baik dan berkarakter di era pembelajaran masa kini.
C. Keterampilan Umum
  1. Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/gagasan ilmiah baru memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora di bidang keahliannya, dengan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif.
  2. Mampu menyusun penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan/atau eksperimen pada bidang keilmuan, teknologi, seni dan inovasi yang dihasilkannya dalam bentuk disertasi, serta mempublikasikan 2 tulisan pada jurnal ilmiah nasional dan internasional terindeks.
  3. Mampu memilih penelitian yang tepat guna, terkini, termaju, dan memberikan kemaslahatan pada umat manusia melalui pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin, dalam rangka mengembangkan dan/atau menghasilkan penyelesaian masalah di bidang keilmuan, teknologi, seni, atau kemasyarakatan berdasarkan hasil kajian tentang ketersediaan sumber daya internal maupun eksternal.
  4. Mampu menyusun argumen dan solusi keilmuan, teknologi atau seni berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media massa atau langsung kepada masyarakat.
D. Keterampilan Khusus
  1. Mampu menciptakan dan mengimplementasikan desain pembelajaran berbasis digital dalam rangka pengembangan pendidikan berbasis budaya lokal.
  2. Mampu menciptakan karya inovatif berbasis riset yang berkontribusi terhadap pengembangan dan pemecahan masalah pendidikan dan mempublikasikannya pada jurnal internasional bereputasi.
  3. Mampu mengidentifikasi permasalahan pendidikan, membuat rancangan pemecahan masalah, dan menyelesaikannya melalui kajian integratif dalam kehidupan, kebudayaan, pedagogik, teknologi, dan informasi, serta manajemen pengelolaan Pendidikan.
  4. Mampu memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran dan pengembangan riset-riset berbasis digital di bidang Pendidikan.
  5. Mampu merumuskan kebijakan serta mengembangkan strategi dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, serta transdisiplin untuk berkontribusi dalan pemcehan permasalahan Pendidikan.
  6. Mampu menjadi sebagai pemimpin yang baik dan berkarakter sesuai dengan nilai-nilai kebangsaan dan kearifan lokal yang dapat diteladani.